Inilah Sosok Sang Pembuat Mobil Listrik 'Ferrari' Milik Dahlan Iskan

Yogyakarta - Danet Suryatama, sang pembuat mobil listrik 'Ferrari' yang dipesan Menteri BUMN Dahlan Iskan menceritakan proses pembuatan awal mobil senilai Rp 1,5 miliar tersebut.

Danet muncul setelah proses pembuatan mobil listrik tersebut selesai dan rencananya akan dibawa ke Jakarta pekan depan.


Ada cerita tentang awal pembuatan mobil listrik sejenis 'Ferrari' tersebut. Saat ditemui di sebuah bengkel bernama Kupu Kupu Malam di kawasan Kabupetan, Sleman Yogyakarta, Danet mengatakan Dahlan langsung tertarik memesan mobil listrik seharga Rp 1,5 miliar ketika ditunjukkan proposal tentang mobil listrik.



"Kita ngajuin ke Pak Dahlan, terus pak Dahlan tertarik, ya udah kita ketemu," kata Danet di Yogyakarta, Kamis (11/10/2012).

Selain itu, Danet menegaskan bahwa mobil listrik karyanya ini merupakan kombinasi antara tekknologi Amerika Serikat dan Indonesia sehingga menambah daya pikat ke Dahlan.

"Kita gabungin teknologi Amerika sama perajin Indonesia. Dan mereka bisa membuat kendaraan hasil kerajinan," tambahnya.

Untuk komponen mobil listrik, Danet menyebut tidak semuanya menggunakan komponen impor. Sekitar 50 persen komponen bisa dikerjakan di dalam negeri.

"Itu motor sama sama baterai (impor), tapi nantinya baterai akan kami buat," pungkasnya.

Danet merupakan engineer lulusan ITS dengan gelar doktor dari Michigan USA. Danet sudah lebih 10 tahun menjadi engineer di pabrik mobil AS.

http://finance.detik.com/read/2012/10/11/120525/2060035/68/ini-sosok-sang-pembuat-mobil-listrik-ferrari-dahlan-iskan?