Teknik Penangkaran Murai Batu



Bagi para penggemar burung, terutama burung ocehan dan burung yang sering diperuntukkan sebagai hewan untuk kontes kejuaraan atau perlombaan, maka dengan nama hewan peliharaan yang satu ini pasti sudah paham dan tahu persis yang namanya Murai Batu.

Seperti Apa Sih Murai batu Medan ? Ada Gak Sih ?


Siapa yang tidak mengenal burung murai batu, suaranya yang merdu, melodinya yang bervarisasi dan kicaunya yang memukau yang disertai dengan gerakan yang sangat lincah dan indah mampu menggugah decak kagum pecinta burung. Tidak hanya suaranya yang merdu dan tubuhnya yang elok, tetapi gaya bertarungnya yang atraktif mampu menjadikan murai batu banyak diminati saat ini.

Burung yang satu ini cukup mungil yakni panjang tubuh maksimal 22 cm untuk betina dan kisaran 28 cm maksimal untuk tubuh sang jantan. Tetapi jangan salah, ekor panjangnya hampir dua kali lipat lebih panjang dari tubuhnya. Untuk itulah saat ini tidak sedikit peternak murai batu sebagai hewan peliharaan atau menggeluti bisnis dari hobi.

 Beberapa Tips Memilih Murai Batu Baru

Untuk Anda yang ingin memelihara murai batu sekaligus budidaya murai batu setidaknya Anda harus mampu memilih bibit atau bakalan yang bagus sehingga menjadikan burung peliharaan Anda ini memiliki kicau merdu dan memiliki harga jual tinggi.
  • Untuk bakalan murai batu. Pilih burung dengan kondisi tubuh yang sempurna dari ujung paruh hingga ujung kaki.
  • Usahakan memilih murai batu yang berumur muda.
  • Kondisi mata harus Anda perhatikan, pilihlah yang matanya jernih dan terbebas dari katarak ataupun penyakit mata lainnya.
  • Kaki, paruh, bulu dan ekor harus benar-benar Anda perhatikan. Burung yang bagus dan cantik serta sehat adalah burung yang belum cacat, melihat burung murai atraktif dalam bertarung sangat mungkin murai batu yang diperjualbelikan adalah burung yang kalah bertarung.
  • Dan untuk selanjutnya adalah tingkah. Murai batu yang berani adalah murai yang saat Anda berusaha memegangnya burung itu akan memberontak dan mematuk tangan Anda.
  • Dan yang pasti apabila Anda belum begitu mengenal mengenai karakter dan sisi lain dari Murai Batu agar menanyakan langsung kepada orang yang kita yakini untuk bisa memberikan sedikit penjelasan mengenai burung murai batu dan teknis penangkarannya.

Pada dasarnya budidaya dan penangkaran murai batu dan jenis burung-burung yang lain, perawatannya hampir sama dengan burung-burung jenis lain. Jaga selalu kebersihan kandang, beri makan dan minum yang cukup serta semprot dengan anti septik akan menjaganya terbebas dari virus.