Berani dan Nekat Terjang Banjir? Ingat, Perhatikan Hal Berikut!


Bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya terutaman bagi yang memiliki kendaraan roda 4, beberapa hari terakhir ini Jakarta sedang dikepung banjir sementara kita punya kewajiban dan urusan yang harus dilakukan dan selesaikan. Tidak jarang bagi kita yang berkendara roda 4 sering bimbang, di satu sisi kita harus ketemu dengan klien namun disisi lain kondisi mobil kita tidak memungkinkan untuk melewati jalan yang kondisinya sedang banjir, untuk itu agar segala urusan beres dan terselesaikan.


Berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan:

  1. Biar mobil bisa lewat dengan selamat saat menerjang banjir, perhatikan apakah permukaan banjir sampai menutupi permukaan ban atau tidak. Kebanyakan mobil menempatkan distributor, koil, dan busi lebih tinggi dari ban. Masuknya air ke bagian-bagian tersebut akan menyebabkan arus pendek sehingga membuat arus listrik bekerja tidak beraturan, akibatnya mobil bisa mogok. 
  2. Nah, jika mobil sampai mogok, Jangan Panik ! Starter mesin sampai 2 atau 3 kali. Jika tetap tidak bisa hidup jangan diteruskan. 
  3. Berhentilah di tempat yang aman dan tunggu sampai hujan reda. 
  4. Buka kap mesin dan keringkan bagian distributor, koil, busi, kabel busi dengan kertas koran atau lap kering. 
  5. Coba starter hingga 2 atau 3 kali lagi.
  6. Jika tidak mau hidup juga, cabut kabel busi dan perhatikan apakah ada genangan air di sekitar busi. Jika ada, bukalah tutup distributor, lalu keringkan. 
  7. Hidupkan mesin lagi. Setelah hidup dan keluar dari jalan yang tergenang banjir, cobalah rem beberapa kali sampai komponen-komponen kendaraan berfungsi kembali.
Segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa kondisinya. Jika banjir terjadi ketika Anda pulang dari bekerja dan kebetulan kantor Anda memiliki tempat parkir bertingkat, lebih baik kendaraan ditinggal saja di tempat parkir tersebut apabila ketinggian air tidak memungkinkan Anda untuk menjalankan kendaraan.[frez/speed]


http://www.solusimobil.com/owners-guide/tips-a-trik/artikel/mau-terjang-banjir-awas-perhatikan-hal-berikut