GEMPA 8 SR, BEBERAPA DESA DILAPORKAN HANCUR

Solomon Islands, - - Gempa berkekuatan 8 Skala Richter (SR) menggucang wilayah Solomon Islands dan memicu tsunami untuk wilayah Pasifik Selatan.

Sejauh ini belum ada laporan mengenai kerusakan maupun korban. Namun menurut seorang direktur rumah sakit di kepulauan Santa Cruz yang masuk dalam wilayah Solomons Islands, sejumlah desa di Santa Cruz dilaporkan hancur akibat gempa dahsyat ini.

"Informasi yang kami dapat adalah sejumlah desa di sebelah barat dan selatan Lata di sepanjang pantai telah hancur, meskipun kami belum bisa memastikan hal ini," kata Augustine Bilve, direktur perawatan di Rumah Sakit Lata kepada kantor berita AFP, Rabu (6/2/2013).

"Ada guncangan yang berulang-ulang di Lata namun tak ada gedung yang rusak di sini," imbuhnya.

Dikatakan Bilve, para pasien di rumah sakit tersebut tengah dievakuasi sebagai persiapan untuk menerima para korban luka dari desa-desa di sepanjang pantai dekat pusat gempa.

Menurut badan Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS, gempa terjadi dekat kepulauan Santa Cruz di Solomons Islands, yang telah mengalami serangkaian guncangan gempa dalam sepekan terakhir. Gempa hari ini terjadi pada kedalaman 5,8 kilometer.

Sejumlah gempa susulan berkekuatan 6,6 SR juga telah terjadi. Kantor Manajemen Bencana Nasional Solomon Islands pun mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dataran rendah, khususnya di Makira dan Malaita untuk pergi ke daerah yang lebih tinggi permukaannya.

http://news.detik.com/read/2013/02/06/102606/2162387/1148/beberapa-desa-dilaporkan-hancur-usai-gempa-8-sr-di-solomon-islands?9911012