GUBERNUR RIAU, RUSLI ZAINAL JADI TERSANGKA KPK

Pekanbaru - - KPK menetapkan Gubernur Riau Rusli Zainal sebagai tersangka dalam kasus PON Riau dan perkara dugaan korupsi pengelolaan hutan di Kabupaten Pelalawan, Riau. Apa respons dan di mana orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu?

"Gubernur ada acara di Jakarta," kata Humas Pemprov Riau Chairul Riski kepada detikcom melalui SMS, Jumat (8/2/2013).

Riski tak menjawab ketika didesak acara yang diikuti dan bagaimana tanggapan gubernur mengenai status hukum tersebut. Saat ditelepon, Riski tak mengangkat telepon.

Hari ini, Rusli dan sejumlah pejabat Pemprov tidak terlihat di kantor. Beberapa PNS beraktivitas seperti biasa. Mereka menonton televisi saat KPK menggelar konferensi pers. Sebagian di antaranya membuka-buka situs online. Namun mereka enggan berkomentar mengenai hal itu.

Dua hari lalu, detikcom menerima siaran pers dari Pemprov Riau yang menyebutkan, Rusli bertemu Komite Olahraga Indonesia (KOI) di Jakarta dalam rangka persiapan Islamic Solidarity Games. Pada event yang digelar sekitar bulan Oktober 2013 ini, Riau menjadi tuan rumah.

Rusli diduga menerima sekaligus memberikan suap dalam kasus korupsi PON. Ia dijerat pasal berlapis. Selain korupsi PON, ia juga menjadi tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengesahan badan kerja usaha pemanfaatan hasil hutan kayu pada tanaman industri tahun 2001-2006.