[HONDA] VERZA, MOTOR TERBARU PALING MURAH DIKELASNYA

Berita terbaru bagi penggemar  motor (bikers), ada keluaran produk dari honda dengan harga kisaran 16 jutaan dengan cc 150, Honda Verza. 
Berikut paparannya:
 A. NMPnya aja yg overprice, soalnya waktu itu NMP diciptakan buat menandingi byson makanya harganya dibikin ga beda jauh sama byson, sementara verza dibikin buat kelas low end buat narik pasar thunder 125, pulsar 135, dll makanya harganya juga ga bisa jauh2 dari harga motor2 sport low end itu, kalo NMP tiba2 diturunin harganya ya ga mungkin juga soalnya udah tanggung, mentok2 paling nanti "disuntik mati" sama honda kalo penjualannya turun drastis hehe kalo ngikutin harga "bener"nya, sebenernya sih harusnya yg pake teknologi injeksi lebih mahal soalnya ada beragam sensor, ecunya beda dengan cdi, perangkat throttle bodi juga lebih mahal dari karbu, dll, tapi ya udah tanggung kalo harga NMP diturunin

mending milih new mega pro atau byson yah,,duhhh bingung nih,,,?
Q: trus lebih unggulan mana dr segi apapun,,,perform,style,dll
A. Secara umum, kedua kendaraan ini memang dikeluarkan oleh masing-masing merknya untuk bisa bersaing satu sama lain. Sama sepeda motor kelas medium sport dengan jenis mesin 4-tak 2 katup SOHC. Yamaha Byson yang merupakan downgrade dari V-Ixion dan Honda New Mega Pro yang berperan menggantikan unggulan honda di kelas medium sport-bike yaitu Mega Pro.
Yamaha Byson punya konstruksi kalter yang sama persis seperti V-Ixion (sesuai info yang saya dapat dari Tabloid OTOMOTIF).
Konstruksi rangka pun juga sama dengan V-Ixion.
Bedanya adalah mesin Byson menggunakan pendingin udara dan punya rasio kompresi yang lebih rendah. Jadi walaupun sama-sama 150 cc, peforma Byson bisa dibilang downgrade dari V-Ixion.
(beberapa orang masih salah sangka akan kapasitas mesin Byson, banyak yang berpikir Byson sama persis 160 cc dengan FZ16 yang ada di India, sebenarnya Byson yang akan terbit akhir lebaran ini bukan 160 cc tapi 150 cc).
Kemudian Honda New Mega Pro, banyak yang menyesalkan mengapa kapasitas mesinnya lebih kecil dari yang lama. Namun kapasitas yang menurun 10 cc (dari 160 ke 150 ini bukan berarti penurunan peforma. Karena data teknis yang dimiliki New Mega Pro justru punya banyak kelebihan dari yang lama. Mungkin hal ini karena akhirnya Honda mengubah konstruksi mesin dari konstruksi mesin yang dipakai mulai dari GL Pro hingga Mega Pro.
Mesin New Mega Pro yang 150 cc punya teknologi yang sama dengan Blade, yaitu blok silinder dan piston yang lebih minim gesekan dan didukung oleh penggunaan rocker arm yang dilengkapi roller.
Byson pun juga demikian, klaim dari Yamaha mengatakan bahwa Byson juga menggunakan konstruksi mesin yang minim gesekkan dan dilengkapi dengan rocker arm yang ber-roller pula.
Keluar dari mesin, NMP (New Mega Pro) dan Byson punya transmisi sama-sama 5 percepatan (1-N-2-3-4-5). Sama-sama berpemasok bahan bakar karburator.
Yang baru adalah karburator Byson dan NMP dilengkapi dengan TPS (Throttle Position Sensor) seperti yang sudah diterapkan di Yamaha Xeon, yang fungsinya adalah mengatur pengapian oleh CDI sesuai dengan porsi bukaan throttle (gas) yang dilakukan pengendara. Hasilnya adalah mereka mengklaim bahwa teknologi TPS membuat peforma mesin semakin OK (karena pengapian lebih akurat dari pada CDI yang tidak terhubung dengan TPS ; namun saya yakin masih lebih akurat ECU pada V-Ixion, Shogun FI, dan Supra PGM-FI). Selain peforma lebih baik, klaim dari kedua brand tersebut mengatakan bahwa dengan TPS efisiensi kerja mesin lebih baik (ujungnya ke konsumsi bahan bakar yang lebih irit).
Semakin keluar dari sektor teknis, desain NMP dan Byson sama-sama menganut street fighter. Namun NMP punya desain yang lebih kalem dari pada Byson yang lebih eksentrik (khas desain Honda VS Yamaha).
Bobot total 2 kendaraan ini cukup berat. Lebih berat dari pada Mega Pro lama dan V-Ixion yang 120an Kg, yaitu bobot mereka jatuh pada 130an Kg (hampir mendekati kelas Tiger dan Pulsar 200 yang bobotnya 140an Kg).
Soal konsumsi bahan bakar, kedua kendaraan ini baiknya pakai Pertamax karena rasio kompresi sudah di atas 9:1 (yaitu 9:5:1).
Konstruksi kaki-kaki keduanya mirip, suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock.
Bedanya rem belakang NMP sudah disc brake sedangkan Byson tromol (rem depan keduanya sama-sama disck brake).
Keduanya menggunakan ban tubeless untuk ban depan dan belakang.
Speedo meter keduanya sama-sama digital dengan desain yang berbeda namun sama-sama menarik.
Soal harga, klaim dari 2 brand akan jatuh di kisaran 19-20 juta, namun dugaan saya karena masih baru, harga bisa melonjak terkait permintaan pasar dan waktu (terkait dekat dengan hari lebaran).
- – - – -
Spesifikasi Yamaha Byson :
Dimensi PxLxT : 2075x780x1045 (mm)
Jarak sumbu roda : 1334 (mm)
Jarak terendah ke tanah : 160 (mm)
Tinggi jok : 790 (mm)
Bobot isi : 135 Kg
Kapasitas tangki BBM : 12 liter
Tipe mesin : 4-tak. SOHC 2 Valve, 1 silinder
Sistem pendinginan : Udara
Volume silinder : 153 cc
Bore x Stroke : 58×57.9 (mm)
Rasio kompresi : 9,5;1
Daya maksimum : 10,1 KW atau 13,54 Daya Kuda pada 7500 rpm
Torsi maksimum : 13,6 Nm atau 1,3 Kgf.m pada 6000 rpm
Sistem starter : Elektrik & kick starter
Tipe kopling : Basah, manual
Kapasitas oli mesin : 1,2 liter (total) ; 1 liter (berkala)
Karburator : Mukini BS2m x 1
Transmisi : 5 percepatan, 1-N-2-3-4-5
Tipe rangka : Diamond
Suspensi depan : Teleskopik, diameter 41 mm
Suspensi belakang : Monocross
Ban depan / belakang : All Tubeless, 100/80-17 /120/70-17
Rem depan : Cakram, diameter 267 mm
Rem belakang : Tromol
Pengapian : DC-CDI
Battery : MF Battery, YTZ5S
Busi : NGK CBR AFA-9
- – - – -
Spesifikasi Honda New Mega Pro :
Panjang X lebar X tinggi : 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah : 152 mm
Berat kosong : 136 kg
Tipe rangka : Pola Berlian (diamond steel)
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat di setel keras dan lembut
Ukuran ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P – Tubeless
Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 55P – Tubeless
Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
Rem belakang : Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Kapasitas tangki bahan bakar : 12,0 liter
Tipe mesin : 4 langkah, SOHC, pendinginan udara
Diameter x langkah : 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah : 149,2 cc
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 10,1 KW atau 13,54 Daya Kuda pada 8500 rpm
Torsi Maksimum : 12,8 Nm atau 1,28 Kgf.m pada 6.500 rpm
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1 liter pada penggantian periodik
Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
Gigi Transmsi : 5 kecepatan
Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5
Starter : Pedal & starter elektrik
Aki : MF 12 V – 5 Ah
Busi : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9
Sistem Pengapian : DC – CDI
- – - – -
Terkait klaim data teknis pada peforma mesin, Byson lebih unggul dari NMP karena :
1. Daya maksimum sama-sama 10,1 KW tapi Byson mampu mencapainya pada rpm yang lebih rendah (7500) dari pada NMP (8500)
2. Torsi maksimum sudah kelihatan jelas Byson lebih besar (13,6 Nm) dari pada NMP (12,8 Nm), pun Byson mencapainya pada rpm yang lebih rendah (6000) dari NMP (6500)
- – - – -
Overall, keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya bakal jadi ujung tombak baru brand Yamaha dan Honda dalam persaingan mereka di kelas medium sport-bike.
Sisanya tinggal keputusan konsumen, mengingat brand Yamaha dan Honda bisa dibilang punya peminatnya masing-masing.