Bertemu Mahfud, SBY Singgung Capres

JAKARTA KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyinggung Pemilu 2014 ketika bertemu dengan lima hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12/2012). Lima hakim konstitusi itu dipimpin oleh Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Marzuki Alie: Mahfud Layak Jadi Capres

Sebenarnya, agenda pertemuan itu ialah Presiden menerima laporan berakhirnya masa tugas kelima hakim konstitusi pada 2013. Keempat hakim konstitusi lain adalah Maria Farida Indrati, Muhammad Ali, Akil Mochtar, dan Ahmad Sodikin.


Dalam pertemuan tertutup itu, Presiden didampingi Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, dan Wakil Menteri Menkum dan HAM Denny Indrayana.

Mahfud mengatakan, dalam pertemuan sekitar 30 menit itu, Presiden menyebut mudah-mudahan presiden selanjutnya bisa memperbaiki negara. "Mudah-mudahan lebih baik daripada saya. Yang sudah dicapai, mari kita hargai. Yang belum dicapai, kita perbaiki," kata Mahfud mengulangi ucapan Presiden.

Ketika disinggung apakah pernyataan itu menyiratkan dukungan untuk dirinya sebagai capres, Mahfud menyebut," Enggak, itu tersurat."

Sebelum bertemu Mahfud dan empat hakim konstitusi lain, kepada wartawan di depan ruang pertemuan, Presiden juga sempat menyinggung masalah pencapresan. "Sudah baca 36 capres? Saya doakan semoga masih ada yang muncul lagi," kata Presiden.

Tak diketahui siapa saja capres yang dimaksud Presiden. Hanya, ketika ramah-tamah dengan pers di Istana Negara pada Februari 2012, Yudhoyono sempat menyebut setidaknya ada 26 capres berdasarkan catatan pribadinya.

"Saya sudah mengikuti banyak sekali tokoh yang siap berkompetisi. Kalau saya hitung-hitung dari catatan pribadi saya, ada 26 calon," kata Presiden.

http://nasional.kompas.com/read/2012/12/05/13392334/Bertemu.Mahfud.SBY.Singgung.Capres