Marzuki Alie: Mahfud Layak Jadi Capres

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie mengaku tertarik dengan pribadi Mahfud MD. Mahfud menurutnya layak dicalonkan sebagai presiden dalam Pilpres 2014.

Pasalnya, Ketua Mahkamah Konstitusi itu adalah sosok yang berintegritas. Hal tersebut disampaikan Marzuki menanggapi survei Lembaga Survei Indonesia (LSI).


Survei LSI menempatkan Mahfud sebagai capres berkualitas. Mahfud menyingkirkan beberapa tokoh gaek dalam percaturan politik nasional.

"Secara prinsip, Pak Mahfud punya integritas dan track record yang jelas, tidak ada yang buruk," kata Marzuki di Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Marzuki mengatakan, salah satu alasan Mahfud layak dicapreskan ialah karena dia bukan pengusaha. Marzuki tidak menyukai pengusaha menjadi presiden. Sebab, dia khawatir presiden merangkap pengusaha akan mengedepankan kepentingan bisnisnya.

"Kebijakannya nanti ada conflict of interest-nya. Pak Mahfud lebih baik jalan saja, maju menjadi presiden," pungkas Ketua DPR RI itu.

Sementara itu, di tempat yang sama, Mahfud menilai dia belum berani mencalonkan diri menjadi Presiden. Saat ini, dia belum menyanggupi kriteria menjadi capres dalam Pilpres 2014.

"Orang kalau mau maju capres modalnya adalah partai dan uang. Kalau partai dan uang bisa dinego, tetapi yang tidak bisa dinego adalah idealisme," tandas Mahfud.

Ia menyatakan, hasil survei adalah wujud demokrasi. Sebab, dari survei diketahui banyak tokoh yang dapat dicalonkan menjadi presiden. Menurut Mahfud, inilah bentuk demokrasi yang diinginkan.
"Semua orang harus punya kesempatan terbuka dan luas untuk mencalonkan diri dan dipilih. Itu agar demokrasi tetap berjalan," pungkasnya.

http://nasional.kompas.com/read/2012/11/29/03194885/Marzuki.Alie.Mahfud.Layak.Jadi.Capres?utm_source=nasional&utm_medium=cpc&utm_campaign=artbox