IBAS MUNDUR DARI DPR

Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)
JAKARTA, Anggota Komisi I DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengundurkan diri dari keanggotaannya di Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis (14/2/2013) siang ini. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu juga mundur karena ingin fokus mengurusi partainya.

"Saya akan konsentrasi untuk jalankan tugas sebagai Sekjen Partai Demokrat."


"Saya sadari betapa penting dan mulianya tugas menjadi anggota DPR. Sementara sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat saya pikul tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan apalagi partai ini tengah mendapat tantangan partai yang berat dewasa ini," ujar Ibas, Kamis (14/2/2013), dalam jumpa pers di Fraksi Partai Demokrat.

Dengan kondisi seperti itu, maka Ibas pun menyatakan dirinya mundur dari keanggotaan DPR. "Secara resmi saya mundur dari keanggotaan saya sebagai anggota DPR RI. Saya akan konsentrasi untuk jalankan tugas sebagai Sekjen Partai Demokrat," ujar Ibas.

Surat pengunduran diri Ibas itu disampaikannya hari ini kepada Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf, dan Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq.

Keputusan Ibas ini terbilang mengejutkan pasalnya Partai Demokrat akan melakukan rapat pimpinan nasional (rapimnas) pada tanggal 17 Februari mendatang. Rapimnas dilakukan untuk membangun soliditas partai di tengah anjloknya elektabilitas Partai Demokrat dalam berbagai survei. Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebutkan elektabilitas Partai Demokrat turun hanya tinggal 8,3 persen.

Wacana penggantian Ketua Umum Anas Urbaningrum pun mengemuka. Anas dinilai sebagai salah satu faktor turunnya elektabilitas partai karena kerap disebut-sebut dalam perkara hukum.
Adapun, karir politik Ibas bermula pada tahun 2009. Saat itu, Ibas berkecimpung dalam perpolitikan Indonesia dengan mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Daerah Pemilihan VII Jawa Timur, mewakili lima daerah yakni Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, dan Ngawi.

Ibas lalu terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada bulan April 2009 dengan perolehan suara tertinggi se-Indonesia 327.097 suara.

Sebagai anggota DPR RI, ia ditunjuk sebagai anggota Badan Anggaran dan Komisi I DPR RI yang membidangi hubungan luar negeri, pertahanan, dan informasi dan komunikasi.

Saat ini Ibas aktif sebagai politisi Partai Demokrat, partai yang memenangkan Pemilihan Umum tahun 2009. Karirnya di Partai Demokrat diawali dengan penunjukan sebagai Ketua Departemen Kaderisasi. Setelah Kongres II Partai Demokrat di bulan Mei 2010, ia dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal untuk mendampingi Ketua Umum Terpilih Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.
 
Editor : A. Wisnubrata
 
http://nasional.kompas.com/read/2013/02/14/12183365/Ibas.Mundur.karena.Ingin.Fokus.ke.Partai?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Khlwp