MENGAPA APPLE MAHAL? BEGINILAH ALASANNYA

Jakarta - Gadget buatan Apple pada umumnya dijual lumayan mahal, setidaknya lebih tinggi dari kompetitor di segmen pasar yang sama. Mengapa demikian?

CEO Apple Tim Cook berupaya menjelaskan mengapa perangkat buatan Apple dibanderol tinggi. Menurutnya, Apple mementingkan kualitas dan tidak mau mengorbankannya demi mencapai harga yang rendah.

Kendati demikian, Cook menggarisbawahi bahwa Apple bukannya tidak mau menjual produk dengan harga yang bisa dijangkau oleh kebanyakan konsumen. Namun dengan catatan tanpa harus mengorbankan kualitasnya.

"Ketimbang mengatakan bagaimana kita bisa mempermurah iPod agar harganya terjangkau, kami memilih bertanya bagaimana kami bisa membuat produk hebat dengan biaya yang memungkinkannya dijual dalam harga rendah," kata pengganti Steve Jobs ini yang detikINET kutip dari Huffington Post, Rabu (13/2/2013).

Cook juga menjelaskan mengapa komputer Mac tidak ada yang harganya di bawah USD 1.000. "Sebenarnya kami sudah mencobanya, tapi kami menyimpulkan tidak bisa membuat produk bagus dengan harga murah. Jadi kami tak melakukannya," jelasnya.

"Namun yang kami lakukan adalah menemukan iPad. Saat ini, kami menjual pengalaman hebat di iPad dengan harga mulai USD 329," sebutnya merujuk pada iPad Mini yang dijual lebih murah dari iPad biasa.

Apple memang dikenal meraup margin profit yang besar dari penjualan produknya. Menurut penelitian iSuppli misalnya, Apple meraih margin profit 48% dalam penjualan iPad generasi ketiga.

 http://inet.detik.com/read/2013/02/13/151350/2169116/317/mengapa-gadget-apple-mahal-ini-penjelasannya?